Strategi Penyerangan Menekan

Bayern memang berkuasa di Jerman, namun itu bukan hal luar biasa karena tim itu memang sudah mendominasi Bundesliga selama bertahun-tahun. Setiap kali para pemain berinteraksi dengan cara saling mengumpan, muncul tautan antarpemain. Data yang dipakai juga mencakup posisi masing-masing pemain saat mengumpan.

Saat mereka “keasyikan” bergerak naik lalu menerima serangan balik, saat itulah transisi bertahan Bali United dalam keadaan paling rentan. Kompaksi Bali United sering kali terjaga di depan dan tengah, tetapi kurang stabil di belakang. Salah satu alternatif memperbaiki hal ini, adalah memastikan kehadiran penyerang sayap untuk ikut terlibat mengamankan zona 5 dan sekitar center di sepertiga pertahanan Bali United.

Organisasi permainan dalam melancarkan serangan belum cukup rapi, terutama sejumlah operan yang belum berjalan baik. Menanggapi hal ini, Hazard mengaku sangat bangga dengan permainan Belgia yang terus mencoba menciptakan peluang mencetak gol. Soalnya, jika mereka meladeni permainan terbuka gaya Belgia, maka peluang mereka mencetak gol nyaris tidak ada. Untuk hal ini harus saya katakan apa adanya, motivasi dan kengototan bermain itu hanya diperlihatkan Tantan, Ferdinan, Hariono, pemain lainnya masih harus diberi motivasi agar tampil lebih trengginas. Bahwa bermain untuk PERSIB bukan sebagai puncak karier tetapi ajang pembuktian diri untuk menunjukan kapasitas sebagai skuad team besar.

Sehingga, sejumlah ilmuwan dengan bantuan data raksasa yang didapat sepanjang laga, berusaha untuk mengungkap rahasia bagaimana Barcelona begitu dominan atas rival-rivalnya di Eropa. Ilustrasi skematik jaringan umpan dalam pertandingan El Clasico Real Madrid versus Barcelona di Santiago Bernabeu musim 2009/2010. Dalam grafik ini, pemain diwakili oleh simpul lingkaran, yang ukurannya proporsional dengan peran dalam struktur jaringan. Ukuran lebar jaringan penghubung proporsional dengan jumlah umpan antarpemain. Permainan Tiki-taka ala Sarrismo besutan Fakhri Husaini ini memang belum berjalan sempurna.

Tidak cukup hanya merasa bangga bermain untuk team sebesar PERSIB yang mampu memposisikan pemainnya laksana selebritis. Sejak Chelsea diambil alih oleh Roman Abramovich, menurut Marcotti, Chelsea praktis ditangani mayoritas pelatih yang bermental bertahan.

Butuh waktu lama dan investasi mahal untuk mengulang sukses di tempat lain. Guardiola mencoba mengulang suksesnya di Bayern Muenchen, namun hasilnya tak seperti diharapkan.

Awal musim lalu, para penggemar Chelsea disibukkan dengan istilah Sarri ball. Hal tersebut terdengar sangat wajar mengingat Chelsea akan memulai revolusi dengan pengangkatan mantan juru taktik Napoli, Maurizio Sarri untuk menjadi nakhoda tim musim 2018/19. Baru-baru ini, David Luiz mengatakan bahwa dirinya menyukai filosofi ‘Sarri ball’ yang dibawa Maurizio Sarri ke Chelsea. Ia percaya bahwa itu adalah cara yang benar untuk bermain sepakbola. Melemahnya kompaksi di tengah, beberapa kali terjadi karena tingginya orientasi gerak vertikal kedua no . 8 Bali United.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*