Formasi

Oleh karena itu seorang penjaga gawang harus tetap fokus dalam situasi apa pun. Oleh sebab itu, Robert menegaskan, dalam sepak bola modern formasi sangat dipengaruhi situasi. Semisal jika tim sedang dalam posisi menyerang, para pemain belakang bisa saja ikut naik.

Selain itu, misalnya pun kecolongan saat bertahan, jika Anda memelajari strateginya, Anda bisa menggunakan strategi serang yang sama tadi di lain kesempatan — baik melawan orang yang sama ataupun berbeda. Sedangkan untuk tendangan pojok, teknik yang bisa Anda lakukan adalah mencoba memberikan ruang yang lebih kosong di kotak penalti lawan untuk memperbesar kemungkinan pemain Anda melakukan sundulan.

Adalah Carlo Ancelotti yang mentransformasi posisi Pirlo dari awalnya gelandang serang menjadi regista saat melatih AC Milan. Ancelotti pernah mengungkapkan bahwa, “Pirlo adalah satu dari sedikit pemain yang kamu tidak perlu instruksikan apa-apa, ia mengerti semuanya, apa yang harus dilakukan. Keberadaan Pirlo kemudian menginspirasi banyak pelatih untuk menggunakan seorang registadalam formasinya. Seorang regista menjadi pusat umpan bagi seluruh pemain ketika membangun serangan. Sehingga seorang regista harus menjadi pemain yang jago dalam mengontrol penguasaan bola.

Suatu regu bisa menggunakan pola bertahan atau pola menyerang. Pelatih dapat menurunkan siapa pun pemain yang dimilikinya dengan memerhatikan kondisi fisik dan kesiapan mental pemainnya. Jika ia telah menentukan pemainnya, maka ada beberapa pola pertahanan yang dapat dipilih, yaitu formasi 4–3–3, formasi 4–4–2, formasi 5– 4–1, dan formasi 5–3–2. Adapun jika memilih pola penyerangan, maka pilihan formasinya antara lain formasi 3–4–3, formasi 3–3–4, formasi 3–5–2, dan formasi 3–3–3–1.

Oleh karena itu, kriteria utama bagi seorang regista adalah inteligensia pemain tersebut. Inti dari taktik dari taktik adalah ketika salah seorang pemain sedang memegang bola dia harus memiliki min. 2 orang yang berdiri bebas di kanan dan kirinya. Usahakan setiap kali bermain selalu bertahan dengan posisi 1-2-1. itu berarti pergerakannya harus terus menerus berputar. Pola pertahanan dalam permainan sepak bola menggunakan beberapa formasi yang digunakan untuk menjaga daerah sendiri. Dibawah ini terdapat beberapa formasi pola penyerangan sepak bola.

Selanjutnya terdapat pola penyerangan dalam permainan sepak bola yang digunakan untuk menghadapi pertahanan rapat dari lawan. Untuk menghadapinya anda dapat melakukan pora penyerangan dengan mengoper bola panjang secara langsung agar lawan dapat keluar dari pertahanan yang mereka buat. Pola penyerangan sepak bola ini memang berguna untuk memancing lawan agar pertahanan mereka dapat ditembus. Pola ini memanfaatkan sayap kanan dan sayap kiri dalam mengacaukan pertahanan lawan. Penjaga gawang merupakan orang teakhir yang ada digaris pertahanan tim.

Dalam formasi ini, terdapat 4 pemain bek, 3 gelandang tengah, 2 gelandang sayap peneyrang, dan 1 penyerang. Sayangnya, formasi ini masih sangat jarang ditemukan padahal formasi ini cukup solid sehingga kemungkinan untuk ditembus oleh tim lawan sangat kecil. Inti dari saat bertahan adalah bagaimana kemampuan Anda membaca pergerakan lawan.

Caranya, Anda bisa memilih satu pemain (yang idealnya tidak pintar menyundul bola) mendekat ke penendang corner kick di ujung lapangan. Hal ini bisa mengelabuhi lawan dan mengerahkan satu pemain bertahan menjauh dari kotak penalti. Setelah itu, arahkan tendangan ke daerah yang agak kosong tadi, tahan tombol tendangan sampai 3, 5 bar, sembari mengganti kendali (L1) ke pemain Anda yang paling baik dalam hal sundulan di kotak penalti. Lepaskan tendangan pojok dan berharaplah pemain yang sudah Anda pilih tadi memiliki ruang cukup untuk melepaskan sundulan.

Dengan demikian, Anda jadi tahu kapan saat yang tepat untuk bergegas cepat merebut bola ataupun menahan diri dan mengumpulkan pemain untuk memenuhi daerah bertahan. Hal ini juga berguna nantinya saat digunakan untuk menyerang — setidaknya menurut kami. Semakin pintar Anda membaca pergerakan bola saat bertahan, semakin banyak pula solusi yang bisa Anda kumpulkan untuk memperkaya variasi serangan Anda.

Termasuk juga dalam keadaan ketika tim sedang di posisi tertekan. Empat pemain yang bercokol di sana akan membentuk posisi persegi, ketika sedang mengontrol pertandingan. Jika satu dari empat gelandang itu memiliki stamina berlebih, maka formasi ini menjanjikan skema menyerang dan bertahan dengan tujuh pemain sekaligus. Formasi dalam permainan sepak bola bisa menjadi salah satu pertimbangan terbaik untuk pertahanan yang kuat dan penyerangan yang lebih kuat lagi walaupun masih jarang yang menggunakan permainan dengnan formasi seperti ini. prepforthepitch. files. wordpress. comUntuk penyerangan yang kuat, adapula formasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*